Press ESC to close

Jakarta Bandung cuma 30 Menit pake Kereta Cepat Whoosh

Halo semua! orang kantor sudah pada tahu kalo saya asal dari Bandung. Setiap ketemu, sering banget nanyain. Sudah cobain kereta cepat? Sampe bosen rasanya. Akhirnya setelah sekian lama, saya pun akhirnya mencoba menggunakan kereta cepat. Dan amazingnya emang beneran 30 menit perjalanan Jakarta Bandung.

Kereta Cepat Whoosh

Sebenarnya, untuk ke Jakarta Bandung sendiri kita bisa menggunakan Travel, Bis, atau Kereta Api. Tapi tentu saja dengan waktu tempuh yang lebih lama dari pada kereta cepat ini yang hanya 30 menit.

Kereta cepat whoosh sendiri baru beroperasi secara resmi pada 2023. Kereta ini mengantarkan penumpang dari Jakarta-Padalarang-Tegaluar dan sebaliknya.

Dari padalarang, terhubung ke Bandung dan Cimahi dengan kereta feeder. Jadwalnya cukup banyak dan emang khusus untuk Kereta Cepat. Jadwalnya pun tepat waktu.

Kereta Cepat Whoosh
Kereta Cepat Whoosh
Kereta Cepat Whoosh

Dalam Kereta

Suasana di dalam kereta cukup bagus dan modern. Tempatnya lumayan luas.

Kereta Cepat Whoosh
Kereta Cepat Whoosh

Cara Pesan Tiket

Cara memesan tiket kereta cepat ini kita bisa dengan melalui aplikasi Whoosh yang bisa kita unduh di playstore atau appstore. Selain itu, bisa juga melalui aplikasi KAI Access.

Harganya sendiri kalo weekdays, menggunakan dinamic pricing atau harganya menyesuaikan dengan ketersediaan kursi. Paling murah adalah 150.000. Semakin sedikit kursi, maka semakin mahal. Kalo weekend, secara default udah pasti 250.000.

Reschedule dan Refund

Untuk reschedule dan refund sendiri hanya bisa dilakukan di stasiun. Itupun terpotong 25%. itupun juga cairnhya 30 hari. Sungguh merepotkan di era yang udah serba digital ini. Jadi pastikan kalo jadwal kita udah pas ketika kita memesan tiket. Karena udah pasti kalo bakalan repot kalo tiba-tiba berubah plan.

Pemandangan

Pemandangan di kereta cepat ini sangat bagus. Seperti yang sudah saya pernah tulis sebelumnya waktu naik kereta api papandayan, rutenya hampir sama. Jadi kurang lebih sama pemandangannya ketika kita naik kereta Argo Parahyangan dan Papandayan.

Kalo belum baca tentang Papandayan, bisa dicek di postingan berikut.

Kereta Cepat Whoosh
Kereta Cepat Whoosh

Beneran 30 Menit

Bisa dibilang kalo emang naik kereta cepat ini secepat itu. Bahkan saya sendiri gak sempat tidur saking cepatnya. Waktu kita naik, tiba-tiba udah mau nyampe aja. Emang whoosh ini merupakan salah satu alternatif kalo kita mau cepat-cepat. Kemarin saya cobain pulang kantor lalu pulang ke Bandung. Sampai Bandung pun saya masih bisa berbuka bersama keluarga. Emang secepat itu~

Integrasi di Halim

Whoosh sendiri terintegrasi dengan beberapa moda transportasi. Antara lain LRT, Trans Jakarta, dan Damri. Kalo mau naik MRT, bisa juga dengan naik LRT dulu ke dukuh atas, lalu lanjut naik MRT. Selain itu, terdapat juga taksi dan kita juga bisa memesan ojek online. Sayangnya belum ada integrasi ke bandara Halim Perdana Kusuma. Padahal sebenarnya cukup dekat.

Kesimpulan

Pada akhirnya, Whoosh atau kereta cepat ini merupakan salah satu alternatif yang cukup baik untuk perjalanan ke jakarta atau ke bandung. karena emang gak seberapa capek. Tapi pastikan bahwa kamu punya plan yang udah pasti dan tentu saja budget yang cukup. Karena harganya tidak murah.

@satriahelmy

naik kereta cepat whoosh whoosh whoosh yes!

♬ Vacation Remix – fazar setiyawan

Kereta Cepat Whoosh

Comments (37)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *