Wajib Coba, Lima Cara Mencegah Jet Lag

Cara mencegah jetlag. (Istimewa)
Cara mencegah jetlag. (Istimewa)

Sebagian besar traveler tentu pernah merasakan yang namanya jet lag. Gejala jet lag meliputi perasaan kantuk di siang hari, sulit tidur di malam hari, kurang fokus, kebingungan, mudah lapar atau sebaliknya tidak nafsu makan, lemas, dan gangguan mood. Nah, agar perjalanan Anda tidak terganggu jet lag, yuk coba tips di bawah ini.

1. Kurangi kafein

Sebaiknya kurangi konsumsi kafein sebelum melakukan penerbangan. Meskipun kafein bisa membuat tubuh terjaga lebih lama, itu hanya akan mengganggu siklus tidur. Tanpa Anda sadari, Anda akan jadi lebih sering terbangun di tengah-tengah tidur. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan kecemasan yang justru bisa memperburuk jet lag.

2. Minum banyak air

Saat melakukan perjalanan udara, Anda harus memperbanyak minum air. Tubuh harus tetap terhidrasi selama berada dalam kabin. Meski pun Anda mungkin tidak haus sama sekali, minumlah setidaknya segelas air sebelum pesawat mengudara.

3. Hindari alkohol

Hindari konsumsi alkohol saat melakukan perjalanan udara. Perubahan ketinggian dan tingkat kelembapan yang rendah di dalam kabin dapat mempercepat efek dari alkohol. Dan itu hanya akan memperburuk gejala jet lag.

4. Cobalah untuk tidur

Demi mempertahankan kebugaran tubuh, Anda harus mencoba untuk tidur di pesawat. Cara ini cukup efektif dalam mengatasi jet lag yang sering dirasakan saat melakukan perjalanan udara. Bawalah sesuatu yang mungkin bisa membuat Anda nyaman saat tidur, misalnya, bantal leher.

5. Mempersiapkan tubuh sebelum traveling

Sangat penting untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan perjalanan jauh. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat sebelum dan saat melakukan traveling sehingga tubuh punya sistem imun yang kuat. Tubuh yang sehat akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah kesehatan, termasuk jet lag.

Jika Anda termasuk orang yang mudah sakit saat traveling, bawalah obat-obatan yang sering Anda gunakan. Anda mungkin akan memerlukan mereka di perjalanan. Namun jika keluhan Anda masih bisa diatasi dengan cara alami, sebaiknya jangan terlalu bergantung pada obat kimia karena itu bisa menimbulkan efek samping tertentu.

Komentar warganet!
SHARE