Mampir ke Semarang, Yuk Lepas Dahaga dengan Es Cong Lik

Es Puter Cong Lik Semarang
Es Puter Cong Lik Semarang. (image source)

Kalau main ke Jawa Tengah, Semarang bisa jadi tempat yang asyik untuk berlibur. Kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia ini memiliki banyak destinasi wisata yang ramai disambangi turis. Mulai dari turis domestik sampai mancanegara, banyak yang berkunjung ke Semarang untuk menikmati destinasi-destinasi indah di kota tersebut.

Sedikit mengulik sejarah tentang berdirinya ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Semarang awal mulanya dikenal sebagai daerah pesisir dengan nama Pragota. Daerah tersebut dulunya adalah bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Pada masa itu, Pragota adalah daerah pelabuhan yang di bagian depannya terdapat gugusan-gugusan pulau kecil.

Namun karena peristiwa alam yang terjadi pada masa lampau, gugusan tersebut akhirnya menyatu dan kemudian membentuk daratan. Dengan kata lain, Semarang Bawah dulunya adalah lautan. Memasuki akhir abad ke-15 M, Kerajaan Demak menempatkan Pangeran Made Pandan untuk menyebarkan agama Islam di daerah tersebut. Karena Pragota dari waktu ke waktu semakin subur, banyak tumbuh pohon asam yang dalam bahasa Jawa sering disebut asem arang. Dari situ, daerah tersebut kemudian dinamai Semarang.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan asal-muasal nama Kota Semarang? Yuk sekarang kita bahas kuliner nikmat apa yang wajib kamu cicipi saat ke sana. Karena iklim di Semarang sangat panas, paling enak minum es saat berlibur ke kota tersebut.

EsĀ  conglik bisa jadi teman pelepas dahaga yang pas untuk disantap saat kamu ada di Semarang. Pedagang es ini sangat mudah ditemui di samping Hotel Citraland, Simpang Lima, area Kawasan Pecinan Semarang, dan Waroeng Semawis. Tapi yang paling terkenal ada di seberang Rumah Sakit Telogorejo, atau lebih tepatnya di Jalan Ahmad Dahlan. Warung sederhana itu dinamai Es Puter Cong Lik Semarang.

Es ini biasanya ditawarkan dalam sepuluh rasa dan tentunya tanpa bawah pengawet. Jadi aman untuk dikonsumsi anak-anak. Beberapa rasa yang bisa kamu coba adalah rasa durian, kacang hijau, alpukat, leci, dan lain-lain. Harga seporsi es conglik juga ramah di kantong, yakni cuma Rp 9000.

Komentar warganet!
SHARE