Soto Bongko, Kuliner Khas Sumedang yang Bikin Lidah Bergoyang

Soto Bongko khas Sumedang Jawa Barat

Warisan kuliner Indonesia memang sangat beragam. Soal rasa tentu jangan ditanya. Kamu pasti bakal ketagihan dengan berbagai hidangan khas daerah yang tersebar di pelosok negeri. Nah, kali ini kita akan mengunjungi Sumedang, untuk mengulik kira-kira kuliner apa saja yang wajib dicoba saat berlibur ke sana.

Sumedang berada di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini beribukota di Kecamatan Sumedang Utara, yang berlokasi sekitar 45 kilometer di timur laut Bandung. Bisa dibilang, Sumedang merupakan wilayah yang strategis karena dilewati jalur utama Bandung-Cirebon.

So, buat kamu yang kebetulan sedang melintas di jalur tersebut, tak ada salahnya untuk mampir sebentar di Sumedang. Sekalian mencicipi kuliner plus membeli oleh-oleh khas daerah tersebut.

Jika ditanya soal makanan apa yang terkenal dari Sumedang, kebanyakan orang pasti menyebut tahu. Ya, kenikmatan tahu Sumedang memang sudah tersohor ke seluruh Indonesia. Namun, ada satu kuliner lagi yang perlu kamu coba. Namanya Soto Bongko.

Menurut penduduk setempat, kata Bongko sendiri memiliki arti gumpalan besar. Dinamakan demikian, karena lontong yang dipakai untuk melengkapi soto ini dibikin dengan ukuran sangat besar. Biasanya dalam semangkuk Soto Bongko, kamu bisa menemukan irisan lontong, tauge, tahu, dan taburan bawang merah goreng.

Sebagai pelengkap, soto tersebut kemudian disiram kuah kental yang panas. Rasanya dijamin bikin kamu ketagihan saking gurihnya. Untuk meningkatkan rasanya, kamu juga bisa menambahkan kecap manis ke dalam soto.

Selain itu, soto ini biasanya juga disajikan bersama emping dan sambal pedas. Wah, pastinya benar-benar nikmat yah. Sajian ini umumnya disantap sebagai menu sarapan di kalangan masyarakat Sumedang. Tapi tidak menutup kemungkinan, kamu juga bisa mencicipinya di waktu yang lain, seperti siang, sore, atau bahkan malam hari.

Karena Soto Bongko termasuk kuliner yang sangat familiar dengan penduduk Sumedang, kamu bisa menemukan sajian ini hampir di seluruh daerah tersebut. Utamanya, jika kamu berkunjung ke daerah alun-alun atau pasar-pasar di Sumedang. Pedagang Soto Bongko juga sangat mudah ditemukan di sekitar RSUD Sumedang.

Komentar warganet!
SHARE