6 Tips Agar Tetap Aman & Gampang Membaur Dengan Masyarakat Lokal

Wisatawan membaur dengan masyarakat Pedalaman Suku Dani, Wamena, Papua Barat. (image source)

Ada pepatah yang mengatakan “Dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung”. Artinya, kamu sebaiknya menghormati adat-istiadat yang berlaku di sebuah daerah. Hal ini tentu sangat penting, terutama bila kamu ingin melakukan perjalanan ke tempat yang punya kultur sangat berbeda.

Cara kita bersikap juga akan berpengaruh terhadap keselamatan diri sendiri saat bepergian. Nah, berikut adalah enam hal yang sebaiknya kamu lakukan untuk membaur dengan masyarakat lokal:

1. Hindari topik yang sensitif

Hindari membahas topik-topik yang sensitif, yang bisa membuat posisimu terancam. Sebelumnya, cari tahu bagaimana karakteristik masyarakat di daerah tersebut dan topik-topik apa saja yang dianggap mereka sensitif.

2. Hati-hati saat memilih pakaian

Membaur dengan adat setempat memang bukan perkara mudah. Untuk menghindari segala pelanggaran atau hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya pilih pakaian yang sederhana dan sopan. Akan lebih baik lagi, jika kamu bisa meniru cara berpakaian masyarakat setempat.

3. Ikuti aturan yang berlaku di daerah tersebut

Jika tempat yang kamu datangi memberlakukan beberapa aturan, seperti jam malam, area yang terlarang untuk mengambil gambar dan hal-hal lainnya. Pastikan bahwa kamu akan selalu menaati aturan itu, tanpa pernah berpikir untuk melanggarnya.

4. Stop melakukan hal-hal konyol yang bisa merugikan diri sendiri

Seperti dikatakan di awal, kamu akan mendatangi tempat yang benar-benar baru bagimu. Oleh karenanya, jangan pernah mencoba untuk melakukan hal-hal konyol yang bisa merugikan diri sendiri. Contohnya, selfie di tempat yang jelas-jelas dilarang mengambil gambar.

5. Bertanya, sebelum bertindak!

Jika kamu merasa tidak yakin dengan sesuatu yang akan kamu lakukan, sebaiknya tanyakan itu kepada masyarakat lokal. Seperti misalnya, kamu ingin masuk ke sebuah tempat ibadah dan mengambil gambar di tempat tersebut. Sementara kamu sendiri merasa tidak yakin, apakah itu diperbolehkan. Coba tanyakan dulu sebelum bertindak!

6. Belajar bahasa daerah

Setiap daerah pasti memiliki bahasanya sendiri. Jika kamu ingin diterima dengan baik oleh penduduk setempat, gunakan bahasa yang mereka pakai. Maka dari itu, belajarlah sedikit tentang kalimat sehari-hari yang bakal sering kamu pakai saat disana.

Komentar warganet!
SHARE