Pesona Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan
Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan. (image source)

Tak perlu ke Afrika untuk bisa menikmati eloknya sebuah taman nasional. Di Indonesia, Anda bisa menemukan banyak taman nasional yang menjanjikan pemandangan alam luar biasa.

Salah satunya adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Sulawesi Selatan. Berlokasi di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), taman nasional ini berada cukup dekat dengan Kota Makassar, yakni sekitar 20 kilometer.

Menempati luas mencapai 437 kilometer persegi, taman nasional ini memiliki beragam keunikan seperti karst, goa-goa yang berhias stalaktit dan stalakmit elok. Destinasi ini juga sering disebut sebagai The Kingdom of Butterfly.

Hutan Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan
Hutan Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan. (image source)
Kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan
Kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan. (image source)

Julukan itu rupanya diberikan oleh Alfred Russel Wallace, seorang ahli antropologi dan biologi asal Britania Raya. Ungkapan itu didasarkan pada karakater taman nasional ini yang banyak dihuni oleh goa-goa dan lembah curam yang kemudian menjadi habitat beragam jenis kupu-kupu.

Karena itu, kini ada setidaknya 20 spesies kupu-kupu yang ditangkarkan di taman ini. Bahkan beberapa termasuk spesies langka yang hanya bisa ditemukan di Sulawesi Selatan. Agar perjalanan Anda terasa lebih mudah, sebaiknya gunakan jasa rental mobil karena itu pastinya lebih praktis.

Namun Anda tentu juga bisa menggunakan jasa transportasi umum seperti angkot. Kalau di Makassar namanya pete-pete. Sesampainya di loket masuk Taman Nasional Bantimurung, Anda diwajibkan untuk membayar tiket sebesar Rp 20.000. Harga tersebut terbilang sangat murah karena sudah termasuk ongkos masuk ke goa-goa wisata dan semua fasilitas yang tersedia di dalam Taman Nasional Bantimurung.

Batu Karst di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan
Batu Karst di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan. (image source)
Burung di Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan
Burung di Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan. (image source)

Di dalam taman nasional ini, pelancong juga bisa menemukan sebuah air terjun yang sangat indah. Orang-orang biasanya mandi atau sekadar bermain air di sekitarnya. Namun, jika arus cukup deras, pengunjung biasanya dilarang untuk berada terlalu dekat dengan air terjun.

Maka dari itu, sebaiknya hindari bulan-bulan di mana hujan turun cukup deras, seperti November dan Desember. Sehingga Anda dan keluarga bisa bermain air di sekitar Air Terjun Bantimurung. Dan jika Anda tertarik untuk mengunjungi museum kupu-kupu, Anda perlu merogoh kocek Rp 5.000 untuk tiket masuk.

Menyusuri Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan
Menyusuri Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Sulawesi Selatan. (image source)
Legenda perahu terbalik yang membatu di tepian sungai Kawasan Wisata Pattunuang Asue
Legenda perahu terbalik yang membatu di tepian sungai Kawasan Wisata Pattunuang Asue. (image source)
Komentar warganet!
SHARE