Pesona Air Terjun Tumpak Sewu, Si Niagara-nya Indonesia

Wisatawan berfoto diatas Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Wisatawan berfoto diatas Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang (image source)

Kita mesti bersyukur karena terlahir di Indonesia, yang dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan berbagai keindahan alam yang sulit atau bahkan tidak ditemukan di luar negeri.

Selain memiliki pantai-pantai indah yang tersebar di pelosok nusantara, Indonesia juga tersohor dengan pesona air terjunnya. Kamu sendiri pastinya pernah mengunjungi beberapa spot air terjun di tanah air. Nah, ada salah satu air terjun yang tak boleh kamu lewatkan yakni Tumpak Sewu.

Selfie dengan latar Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Selfie dengan latar Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang (image source)

Destinasi indah ini bisa kamu temukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Memiliki tinggi 120 meter, banyak orang menjuluki air terjun ini sebagai Niagara-nya Indonesia. Karena selain tinggi, panorama air terjun ini kalau dilihat dari atas memang mirip kontur Niagara di Amerika Serikat.

Kenapa dinamakan Tumpak Sewu? Nama itu didasarkan pada jumlah sumber mata air di air terjun tersebut. Karena jumlah mata airnya sangat banyak, penduduk sekitar kemudian menamainya Tumpak Sewu atau Coban Sewu, atau sering juga disebut Grojogan Sewu.

Untuk menikmati pemandangan Tumpak Sewu dari atas, pengunjung bisa naik ke Pos Panorama. Kamu hanya perlu berjalan sejauh 400 meter untuk mencapai pos tersebut. Nah, dari atas pos itu, kamu bisa menyaksikan keindahan Tumpak Sewu secara keseluruhan. Jadi, baiknya jangan lupa untuk menyiapkan baterai full ya, agar tak kehilangan momen berfoto dengan latar Tumpak Sewu yang megah tersebut.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang nampak dari bawah
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang nampak dari bawah (image source)

Setelah menikmati panorama Tumpak Sewu dari atas, kini saatnya kamu turun ke lembah air terjun. Sedikit informasi, kamu harus menggunakan jasa pemandu untuk melakukannya karena jalur trekking yang dilewati cukup terjal. Jika sudah sampai di bawah, kamu bisa menikmati bagaimana derasnya air terjun tersebut.

Semakin penasaran untuk mbolang ke air terjun ini? Pintu gerbang Tumpak Sewu biasanya dibuka sekitar pukul 08.00 sampai 15.00 WIB ya. Selain menikmati keindahan spot air terjun, kamu juga direkomendasikan untuk mampir ke agrowisata salak yang ada di dekat situ.

Komentar warganet!
SHARE