Pesona Air Terjun Situmurun di Tobasa yang Bikin Nggak Kedip

Indahnya air terjun situmurun Toba Samosir, Sumatera Utara.
Indahnya air terjun situmurun Toba Samosir, Sumatera Utara. (image source)

Toba Samosir atau biasa disingkat Tobasa, adalah salah satu dari tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba. Siapa pun tahu tentang Danau Toba. Bahkan, destinasi alam itu sudah tersohor hingga ke mancanegara. Sehingga banyak sekali turis asing yang berbondong-bondong melancong ke danau tersebut.

Danau terluas di Indonesia itu memang menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Dan siapa pun yang memandangnya pasti akan langsung terpesona. Tapi, kamu perlu tahu bahwa Danau Toba juga menyembunyi beberapa “surga” cantik di dekatnya.

Mungkin tak banyak dari kamu yang tahu bahwa ada sebuah air terjun indah di kawasan Danau Toba. Namanya Air Terjun Situmurun. Destinasi alam ini memang tidak begitu terkenal di kalangan turis domestik. Anehnya, objek wisata tersebut malah lebih sering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Air Terjun Situmurun Toba Samosir, Sumatera Utara.
Air Terjun Situmurun Toba Samosir, Sumatera Utara. (image source)

Hal ini wajar karena air terjun yang berada tepat di Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, ini memiliki akses yang cukup sulit. Sebab untuk bisa mencapai air terjun ini kamu harus naik kapal motor. Dan sayangnya, harga sewa kapal motor untuk sampai ke Air Terjun Situmurun terbilang mahal, terutama buat kantong turis lokal. Harga sewa kapal motor untuk sekali jalan dibanderol Rp 500.000 – Rp 600.000.

Untuk sampai ke air terjun ini, kamu bisa melakukan perjalanan dari Medan ke Parapat dan kemudian menuju Pelabuhan Ajibata. Dari pelabuhan untuk sampai ke tujuan, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Mendekati air terjun, kamu akan melihat gerombolan burung bangau yang sedang mencari makan di sekitar destinasi tersebut.

Wisatawan yang mampir ke air terjun ini biasanya melakukan aktivitas seperti berendam, berenang, atau sekadar berfoto-foto di tepian air terjun. Namun kamu sangat tidak disarankan untuk berenang terlalu dekat dengan air terjun, sebab arus airnya sangat kencang. Selain itu, pemandangan Air Terjun Situmurun juga sangat alami dan indah, sehingga banyak juga yang menjadi destinasi ini sebagai spot fotografi. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berlibur ke air terjun ini?

Komentar warganet!
SHARE