Candi Borobudur, Kompleks Stupa Termegah & Terbesar di Dunia

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (image source)

Anda bisa menghabiskan liburan bersama keluarga dengan pergi ke tempat-tempat yang kaya sejarah nusantara. Salah satunya dengan mengunjungi kompleks candi bersejarah seperti Prambanan atau Borobudur.

Siapa yang tak kagum dengan kemegahan Candi Borobudur. Bahkan, UNESCO telah mengakui monumen bersejarah ini sebagai salah Situs Warisan Dunia yang harus dijaga kelestariannya.

Diperkirakan dibangun pada 770 Masehi, Candi Borobudur merupakan salah satu tempat beribadah bagi umat Buddha dari seluruh Indonesia. Oleh karenanya, setiap tahun banyak pelancong yang berkunjung ke candi ini untuk sekadar menyaksikan perayaan hari suci Waisak yang dilakukan oleh para biksu.

Bukan cuma turis domestik yang tertarik untuk melihat perayaan Waisak di Candi Borobudur, wisatawan asing dari berbagai negara juga kerap menyempatkan untuk hadir di ritual mengagumkan ini.

Untuk menandai akhir dari ritual Waisak, ribuan lentera Puja akan dilepaskan ke langit sebagai simbol pencerahan untuk seluruh alam semesta. Sebelum lampion-lampion itu dilepaskan, para jemaat Buddha yang datang akan menghaturkan doa terlebih dulu kepada Tuhan.

Kemudian, para bhiksu akan memandu semua jemaat untuk mulai menyalakan sumbu di dalam lampion, lalu mempersilahkan mereka untuk melepaskan lampion itu di pelataran Candi Borobudur.

Ketika lampion-lampion itu naik secara perlahan ke langit, Anda akan menyaksikan panorama yang sangat indah. Langit terlihat terang dengan ribuan lampion yang terus berarak ke atas dan menghiasi malam.

Maka dari itu, banyak sekali orang yang memiliki hobi fotografi datang ke ritual ini setiap tahun untuk sekadar mengambil gambar. Sebab, sayang sekali jika panorama semacam ini tidak diabadikan secara maksimal.

Komentar warganet!
SHARE