Beningnya Air Curug Cimedang Jadi Daya Tarik Wisata

Curug Cimedang, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Curug Cimedang, Tasikmalaya, Jawa Barat. (image source)

Jawa Barat memang dikenal dengan wisata alamnya. Hal ini karena provinsi tersebut memiliki kawasan hijau yang cukup luas. Terlebih, kelestarian alam di daerah tersebut juga masih terjaga dengan baik. Kabupaten Tasikmalaya adalah salah satu bagian dari Jawa Barat yang juga tersohor dengan pemandangan alamnya.

Seperti yang diketahui, wilayah Kabupaten Tasikmalaya sebagian besar dikelilingi oleh kawasan hijau. Pertanian dan kehutanan menjadi pemandangan yang mudah dijumpai di kabupaten tersebut.  Masyarakat sekitar juga banyak yang menggeluti profesi sebagai petani.

Nah, jika kamu kebetulan berkunjung ke kabupaten ini, jangan lupa untuk mampir ke Curug Cimedang. Dalam bahasa Sunda, curug memiliki arti air terjun. Lokasi air terjun ini berada di Kampung Malaganti, Desa Raharja, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dan masih menjadi bagian dari Gunung Galunggung.

Cimedang sendiri berasal dari nama aliran sungai kecil yang mengisi air terjun tersebut. Selain itu, Cimedang adalah sungai yang membentang dari pusat kota Tasikmalaya sampai ke ujung Pantai Selatan. Tinggi curug ini memang tergolong pendek, yakni hanya sekitar 5 meter. Jika dibanding curug-curug lain yang ada di Singaparna, Tasikmalaya, Curug Cimedang memang tergolong air terjun mini.

Meski begitu, suasana di sekitar curug ini sangat sejuk dan tenang. Airnya juga bening dan jernih. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang memanfaatkan kolam di sekitar curug untuk berendam dan berenang. Lebar kolam curug ini sekitar 10 meter dengan kedalaman mencapai 1,5 meter.

Udara di sekitar curug juga sangat adem, karena air terjun ini berada tepat di bawah kaki Gunung Galunggung. Tertarik untuk mengunjunginya? Dari pusat kota Tasikmalaya, jarak  Curug Cimedang sekitar 1 jam perjalanan dengan motor.

Untuk masuk ke curug ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp 2.000 saja. Kemudian dari area parkir menuju curug, kamu harus berjalan sekitar 100 meter. Karena air terjun ini tidak tinggi, dan arusnya juga tenang. Banyak pengunjung yang membawa anak-anak ke curug tersebut.

Komentar warganet!
SHARE